LOGIN ADMIN / OPERATOR
FOTO KEPALA SEKOLAH

Sunardi, S.Pd, M.Pd.
NIP. 19690305 199802 1 003

Sejarah
Share This Articel on :

SMK Negeri 1 Cluwak merupakan SMK pertama yang ada di kecamatan Cluwak Kabupaten Pati. Oleh karena SMK sekarang masuk ke daerah-daerah pelosok, sehingga nama sekolah negeri menggunakan nama kecamatan, bukan kabupaten.

Menilik ke belakang mengenai sejarah pendirian SMK Negeri 1 Cluwak merupakan hal yang penting karena dengan mengetahui sejarah maka dapat diketahui mengenai perkembangan dan pencapaian-pencapaian yang telah sekolah raih selama ini.

Masyarakat Pati Utara khususnya di Kecamatan Cluwak yang menginginkan sekolah menengah berstatus negeri setingkat SMA serta lokasi yang strategis diperbatasan dua kabupaten yaitu Jepara dan Pati, mendorong Dinas Pendidikan Kabupaten Pati untuk mendirikan SMA. Oleh sebab itu, perencanaan pendirian SMA akan dilakukan pada tahun 2009 di Kecamatan Cluwak.

Kebijakan Menteri Pendidikan Nasional RI, Bambang Sudibyo, yang memperhatikan semakin banyaknya dunia usaha atau pun dunia industri yang membutuhkan banyak tenaga kerja menengah sehingga fokus pendirian sekolah lebih dititik beratkan pada pendirian SMK daripada SMK. Mendikbud yang menitikberatkan tentang SMK dengan slogan “SMK Bisa!” dan Kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Pati tentang kebutuhan jumlah sekolah menengah di Pati dengan proporsi SMA sebesar 30% dan SMK sebesar 70% membuat perencanaan sedikit bergeser. Dinas Pendidikan Kabupaten Pati tetap mendirikan sekolah, namun perencanaan yang semula adalah SMA berubah menjadi SMK. Selain karena kebijakan tersebut, pertimbangan lain dipilihnya SMK karena di Kecamatan Cluwak belum ada SMK, sementara masyarakat di Kecamatan Cluwak menginginkan anak-anaknya bersekolah di SMK. Didasari hal-hal tersebut, berdirilah SMK Negeri 1 Cluwak.

Tim pendiri SMK Negeri 1 Cluwak adalah tim guru yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Pati yang berasal dari SMK Negeri 2 Pati dengan susunan kepengurusan sebagai berikut.

Ketua  : Drs. Pramuhadi Kuswanto, MM.

Sekretaris  : Drs. Herry Mursanto, M.Pd.

Bendahara  : Dra. Wahyu Indri Astuti, M.Pd.

Sarana Prasarana  : Drs. Unik Ribowo

Kurikulum  : Drs. Dwi Indra Permana

Setelah diadakan rapat tim, pembangunan pondasi bangunan atau peletakan batu pertama dimulai pada tanggal 7 Agustus 2009 pada lahan kosong sebelah utara jalan raya Tayu-Jepara, tepatnya beralamat di Jl. Raya Tayu-Jepara Km.15 Desa Sirahan Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati. Peletakan batu pertama ini diperingati sebagai hari lahirnya SMK Negeri 1 Cluwak.

Butuh waktu satu tahun untuk pembangunan sebelum melakukan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Oleh karenanya, PPDB dilaksanakan satu tahun kemudian yaitu pada bulan Juli 2010. Panitia PPDB dipegang langsung oleh tim pendiri karena pada waktu itu perekrutan guru dan karyawan masih dalam proses. Setelah proses perekrutan guru dan karyawan dinyatakan selesai dan telah fix, pengumuman penerimaan guru dan karyawan dilakukan bersamaan dengan pengumuman PPDB. Mulai dari waktu itu, kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) diserahkan kepada guru dan karyawan. Pada tahun pertama, PPDB menghasilkan 3 kelas Elektronika – Elektronika Industri dan 3 kelas Otomotif – Teknik Sepeda Motor.

Berkaitan dengan administrasi kedinasan, untuk mengisi kekosongan kepemimpinan selama belum ada pernyataan resmi dinas pendidikan untuk guru yang akan diangkat sebagai Kepala SMK Negeri 1 Cluwak, Dinas Pendidikan Kab. Pati menunjuk Kepala SMK Negeri 2 Pati yaitu Drs. Edy Sudaryanto, MPd. sebagai Pelaksana Tugas (Plt) kepala sekolah di SMK Negeri 1 Cluwak. Plt Kepala SMK Negeri 1 Cluwak melakukan tugasnya selama satu semester yaitu dari bulan Juli s.d. Desember 2010 dengan tetap menjadi kepala sekolah di SMK Negeri 2 Pati. Setelah tugas beliau sebagai Plt kepala sekolah selesai, kepemimpinan SMK Negeri 1 Cluwak secara resmi diserahkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Pati kepada kepala sekolah yang baru yaitu Drs. Pramuhadi Kuswanto, MM.

Program studi Teknologi Komputer dan Informatika – Multimedia pada tahun pertama belum berdiri. Program studi tersebut berdiri satu tahun berikutnya setelah melalui beberapa pertimbangan untuk lebih memilih Kompetensi Keahlian Multimedia daripada Teknik Komputer Jaringan (TKJ). Pada tahun pertama berdiri, Multimedia telah menampung 2 kelas. Jadi, pada Tahun Ajaran 2011-2012, SMK Negeri 1 Cluwak memiliki 3 kompetensi keahlian dengan masing-masing komptensi keahlian sebanyak 2 kelas.

Pada Tahun Ajaran 2014-2015, pada Program Studi Teknik Otomotif-Teknik Sepeda Motor jumlah kelas X-nya menjadi 3 kelas, sedangkan dua program studi lainnya masing-masing tetap 2 kelas, sehingga pada tahun ajaran tersebut, kelas X memiliki 7 kelas.

Pada Tahun Ajaran 2015-2016, Program Studi Teknik Otomotif-Teknik Sepeda Motor jumlah kelas X meningkat lagi menjadi 4 kelas, dan dua program studi lainnya masih tetap masing-masing dua kelas, sehingga total kelas X-nya sebanyak 8 kelas.

Pada akhir Desember 2016, tampuk kepemimpinan mengalami perubahan. Drs. Pramuhadi Kuswanto, M.M. dipindahkan ke SMK Negeri 2 Pati, dan Sunardi, S.Pd., M.Pd. yang saat itu menjadi Kepala SMK Negeri 2 Pati dipindahkan ke SMK Negeri 1 Cluwak. Dengan demikian, terjadi mutasi dua sekolah yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Pati. Mulai 1 Januari 2016 secara resmi SMK Negeri 1 Cluwak dipimpin oleh Sunardi, S.Pd., M.Pd.

JAJAK PENDAPAT
Bagaimana tampilan Website ini? Menurut Anda, Bagaimana isi dari Website ini?
Sangat Berbobot
Berbobot
Kurang Berbobot
Tidak Berbobot

HASIL POLLING
PENGUMUMAN TERBARU
AGENDA SEKOLAH TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 13949 kali